THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Minggu, 20 November 2011

FISIKA - Aksi-Reaksi (Hukum 3 Newton)

Dalam dinamika gerak lurus, Newton sudah menggambarkan hubungan antara dua gaya yang berinteraksi. Interaksi dimulai dari kata adanya hubungan AKSI dan REAKSI.
Menurut Newton, gaya aksi menyebabkan gaya reaksi yang besarnya sama, tetapi arahnya berlawanan.
Interaksi sosial muncul karena ada hubungan antarindividu, antarkelompok karena satu sama lain memberikan aksi dan menampilkan reaksi. Hanya kemungkinan arahnya bermacam-macam : ada yang menjari tarik-menarik, dorong-mendorong, bahkan tolak-menolak.
Arah gaya tergantung pihak mana yang lebih kuat memberikan gaya Aksi atau sebaliknya lebih kuat memberikan (gaya) Reaksi.
Pada suatu kelompok sosial, selama gaya aksi yang diberikan kecil, maka dinamika kelompok tersebut yang ditunjukkan sebagai (gaya) reaksi juga kecil. Apalagi jika gaya aksi yang diberikan sinergis dengan nilai-nilai yang diinginkan kelompok sosial tersebut maka dinamika kelompok itupun tidak terlalu besar atau hasil interaksi antar gaya-nya tidak terlalu terlihat.
Namun, jika pada suatu kelompok sosial (kelompok masyarakat) diberikan gaya aksi yang heboh seperti kasus bank Century, KPK-Kepolisian, KPK-Kejaksaan, maka dari kelompok masyarakat tersebut akan menghasilkan reaksi yang tidak kalah sengitnya bahkan cenderung eskalatif. Bentuk timbal-balik gaya aksi-reaksi inilah menjadikan Dinamika Kelompok Sosial itu tampak “hebat” yang berarti interaksinya LUAR BIASA !

0 komentar: