THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Minggu, 20 November 2011

cara belajar efektif

Untuk menjadi seseorang yang sukses, Anda perlu memahami proses belajar Anda. Anda harus mulai dengan memahami kebutuhan dan kepentingan Anda sendiri, kemampuan Anda untuk belajar, cara terbaik untuk belajar, dan pemahaman Anda terhadap suatu subjek. Belajar adalah sebuah proses. Hal ini dibangun dari langkah-langkah. Cara belajar dapat dengan menghafal, membaca, berbicara, meringkas atau dengan metode lainnya. Cari tahu bagaimana cara belajar terbaik untuk diri Anda.
Ketika Anda sedang mempelajari suatu topik berusahalah untuk mendapatkan nuansa topik melalui judul, kata kunci, dan defenisi. Putuskan apakah Anda perlu referensi lain untuk membantu Anda seperti kamus atau atlas. Baca materi pelajaran. Lihat jika Anda memiliki pertanyaan artinya Anda perlu berbicara dengan guru Anda atau pergi ke sesi les.
Seorang pelajar yang sukses selalu melakukan review terhadap topik yang dipelajarinya. Cara belajar yang baik adalah memeriksa kembali topik yang telah dipelajari.
Pendidik telah lama mencatat bahwa salah satu cara belajar efektif untuk mempelajari sesuatu adalah dengan mengajarkannya kepada orang lain. Dengan mengajar ke seluruh kelas, diharapkan Anda akan gampang mengingat materi pelajaran tersebut.
Banyak cara lain untuk belajar efektif adalah dengan menggunakan cara belajar relasional, yang mengaitkan informasi baru dengan hal-hal yang Anda sudah tahu.
Sebagai contoh, jika Anda belajar tentang Romeo dan Juliet, Anda mungkin mengasosiasikan apa yang Anda pelajari dengan pengetahuan sebelumnya yang Anda miliki tentang Shakespeare, periode sejarah di mana informasi yang relevan penulis hidup dan lainnya.
Pengujian dapat meningkatkan daya ingat Anda. Setelah mempelajari ada baiknya Anda membuktikan kebenaran teori yang dikemukakan tersebut melalui percobaan.
Jika Anda memilikiki uang lebih ada baiknya Anda mengikuti bimbingan belajar. Dengan mengikuti bimbingan belajar Anda materi yang telah Anda pelajari akan di direview kembali oleh guru bimbingan belajar Anda.
Terakhir, berhentilah untuk belajar sambil melakukan kegiatan lain. Tidak jarang seseorang belajar sambil menonton televisi. Hal tersebut dapat memecah konsentrasi dalam belajar. Jika konsentrasi pecah tentu materi pelajaran yang terserap tidak seberap

0 komentar: